Pages

21 June 2012

Nasib Mayat yang Berlabuh di RSCM

Jakarta, 12 Juni 2012-Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) adalah salah satu pusat rumah sakit di Jakarta. Biasanya, korban dari suatu kejadian atau peristiwa di Jakarta langsung dibawa ke RSCM. Mayat-mayat yang ditemukan oleh polisi atau siapa saja dilarikan ke RSCM untuk ditindaklanjuti atau diotopsi.

Menurut dr. Djaja S Atmadja, dokter forensik RSCM, tidak semua mayat yang ada di kamar mayat RSCM dapat diotopsi, otopsi hanya bisa dilakukan bila ada permintaan dari pihak kepolisian.  Jadi mayat-mayat yang tidak jelas identitasnya dan kasusnya akan dikuburkan secara masal, pungkas dr. Djaja.

“Mayat yang tidak ada identitasnya akan disimpan di kamar mayat dengan tenggang waktu tida hari, jika tidak ada yang mencarinya maka mayat itu akan dikuburkan dengan cara Islam,” jelas Dedi, salah satu penjaga kamar mayat RSCM saat ditemui Rabu (23/5/2012). Pun ada orang yang mengenali mayat tak beridentitas, harus ada surat dari pihak kepolisian untuk membawa pulang mayat tersebut, lanjut Dedi. “Rata-rata mayat yang masuk ke RSCM memang mayat yang tidak ada identitasnya,” tutup Dedi.



No comments:

Post a Comment