Pages

12 June 2012

Lonceng Cinta di Sekolah Guru


Judul : Lonceng Cinta di Sekolah Guru
Penulis : khairul Jasmi
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Terbit : Maret 2012
Ukuran : 353 halaman
Harga : Rp 58.000,-


Di tengah kesibukan dalam belajar untuk menjadi seorang guru, Nunus, seorang pemuda yang menempuh pendidikan di Sekolah Menengah Guru atau SPG tetap memiliki sisi-sisi manusiawi yang perlu dimengerti. Nunus memulai perjalanan cinta dan hidupnya dari Sekolah Pendidikan Guru tersebut. Hingga pada akhirnya, SPG tersebut telah ditutup lantaran jumlah guru yang melimpah dan syarat untuk menjadi guru diperlukan gelar sarjana.

Novel karya Khairul Jasmi yang berlatar belakang pada medio 1980-an ini mengangkat sisi lain dari para calon pendidik generasi penerus bangsa. Dalam novel ini diceritakan perjalanan seorang pemuda dalam mengejar cinta yang tumbuh di tempatnya menuntut ilmu di sekolah guru. Khairul Jasmi menampilkan sisi manusiawi dari seorang calon pendidik.

Dalam novel ini juga dijelasikan ketidakmerataan pembangunan di Sumatra Barat pada decade 1960-an. Ketidakmerataan ini menyebabkan anak-anak di Minang harus berusaha lebih giat dala, mencari ilmu. Perjuangan anak-anak Minang dalam menapaki zaman “generasi intelektual” yang gagal dicapai orang tua mereka juga tak luput dari pemikiran Khairul Jasmi.

Khairul Jasmi memberikan pesan secara tersirat dalam novel ini bahwa guru adalah manusia biasa yang memerlukan rasa cinta.

No comments:

Post a Comment