Pages

23 April 2012

Ngawur Karena Benar

Judul       :               Ngawur Karena Benar
Penulis    :               Sujiwo Tejo
Penerbit  :               Imania, Depok, Jawa Barat
Terbit      :               Maret 2012
Ukuran    :               248 halaman

Kata “berani karena benar” sudah tidak lagi spesial, sekarang istilah “ngawur karena benar” sepertinya lebih tepat untuk memberantas kepalsuan di balik kesopanan. “Ngawur karena benar” adalah jurus terakhir yang digunakan ketika kesopanan dan tata krama itu hanya untuk menutupi kepalsuan.

Dalam buku ini Sujiwo Tejo merumuskan cara untuk memberantas virus kemunafikkan yang sedang merajalela di Indonesia. Virus kemunafikkan ini bisa diberantas dengan cara yang urakan. Tapi, urakan itu berbeda dengan kurang ajar. Urakan adalah melanggar aturan termasuk aturanberpikir demi mengikuti hati nurani. Sedangkan kurang ajar itu melanggar aturan hanya untuk melanggar.

Buku ini akan menuntun kita untuk menemukan cinta sejati. Dimana kita menemukan cinta yang benar-benar cinta tanpa alasan, karena jika alasan itu muncul di dalam cinta, maka cinta itu berubah menjadi kalkulasi.
Buku yang berisi 37 naskah/artikel karya Sujiwo Tejo yang telah dimuat di berbagai media massa ini diharapkan bisa mengubah perilaku manusia yang menjaga norma kesopanan demi kepalsuan dan bisa memberikan pelajaran agar bangsa ini tidak menjadi bangsa yang munafik. Tapi, jika salah diartikan, maka manusia-manusia kurang ajar akan semakin merajalela.

Sujiwo Tejo sendiri berharap buku ini bisa dibaca oleh ibu Negara Ani Yudhoyono dan oleh pengguna jalan raya.

No comments:

Post a Comment