Pages

25 April 2012

Indonesia yang Sehat dan Bermartabat

Tahun 2012 sudah di depan mata.Semua orang, dari rakyat sampai pejabat, tentu mengharapkan Indonesia yang lebih baik pada 2012. 

Semua bermimpi untuk menjadikan Indonesia sesuai dengan yang diharapkan para pendiri bangsa kita.Tak apa hanya mimpi karena dari mimpi itu akan menjadi inspirasi membangun Indonesia. Ya,Indonesia yang sehat,Indonesia yang bersih dari korupsi serta memiliki nilai budaya yang tinggi. Ini merupakan tantangan yang besar untuk kembali menjadikan Indonesia sebagai “Macan Asia”.

Banyak sekali pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh bangsa Indonesia. Mulai dari pemberantasan kasus-kasus korupsi yang sudah menjadi tradisi sampai pada mengatasi budaya kekerasan yang mulai muncul ke permukaan. Dalam masalah pemberantasan korupsi, aparat penegak hukum harus secara serius menuntaskan segala kasus yang ada tanpa pandang bulu.Kami sudah muak dengan kasus-kasus yang terkesan ditutupi dan tidak jelas di mana akhirnya. Semoga tertangkapnya Nunun Nurbaeti dan terbongkarnya kasus ini menjadi momentum untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat kepada penegak hukum yang kian lemah.

Tentu saja hal tersebut harus didukung rekan-rekan media agar dapat menyajikan berita secara aktual dan faktual supaya masyarakat juga dapat mengawasi segala perkembangan yang terjadi. Di sisi lain, kekerasan terus terjadi dan mulai muncul ke permukaan.Belum selesai konflik di Papua,datang lagi kabar dari Mesuji yang sangat tragis dan seakan tidak cukup masih ditambah lagi kabar menyedihkan dari Sape, Bima, NTB. Indonesia, yang masyarakatnya terkenal ramah dan penuh sopan santun,kini telah menjadi buas.

Sebenarnya apa yang menyebabkan Indonesia menjadi buas seperti ini? Tentu tidak akan ada api kalau tidak ada asap.Ada kesamaan pada kasus yang terjadi di Papua dengan kasus Mesuji, yaitu para pemilik perusahaan yang notabene orang asing, samasama mengeruk kekayaan alam yang ada di bumi pertiwi dan keuntungan yang seharusnya diberikan kepada warga sekitarnya. Dari kasus-kasus tersebut seharusnya pemerintah lebih memilahmilah para investor asing yang ingin menanamkan modal di Indonesia agar kasus tersebut tidak terulang. Inilah tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia agar menjadi bangsa yang sehat dan juga menjunjung tinggi kebudayaan.

Tantangan harus kita hadapi bersama. Dengan kerja keras dan keinginan untuk terus maju, tentu saja bukan hal yang mustahil untuk Indonesia menjelma dan menjadi “Macan Asia”.Semoga di tahun 2012,Indonesia dapat “merdeka”di negeri sendiri.●

BAYU ADJI P 
Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Jakarta 
Suara Mahasiswa Harian Seputar Indonesia
Monday, 26 December 2011

No comments:

Post a Comment