Pages

24 December 2017

Semalam Suntuk Berdansa di Panggung DWP

Atraksi Steve Aoki di panggung Garuda Land, DWP 2017.
Jika pada malam pertama nama-nama DJ beken seperti Marshmello, Flume, Zatox, David Gravell, hingga Tiesto, tampil memukau di paggung Garuda Land, Cosmic Station, dan Neon Jungle, Djakarta Warehouse Project (DWP) 2017, malam kedua DWP panggung Cosmic Station diubah menjadi Live Etc dan Neon Junggle menjadi Elrow Psichedelic Trip. Sementara panggung utama Garuda Land tetap berdiri kokoh di luar ruangan untuk tampilnya nama-nama besar seperti King Chain, W.W, DVBBS, Galantis, Steve Aoki, hingga Hardwel.

Dua panggung, Live Atc dan Elrow memulai aksinya secara bersamaan, tepat pukul 17.05 musik sudah menyala dan penonton mulai bergoyang bersama. Adalah Audryg di panggung Live Etc dan Marinn yang membuka pemanasan pesta musik elektronik terbesar di Asia Tenggara pada malam kedua itu. Sementara panggung utama Garuda Land baru memulai aksinya satu jam setelahnya, dengan menampilkan Moe sebagai line up pertama sore itu.

Semakin malam, massa yang verdatangan pun semakin banyak. Silih berganti penampilan para artis-artis King Chain, Iyal Noor, DJ Yaksa, Stan, Hudi, Andre Dunant, Higher Brothers, W.W, Keith Ape, Yesterday Afternoor Boys, hingga Marc Maya, tak hentinya membuat kepala bergoyang.

Hingga pada pukul 23.35 aksi Rich Chigga di panggung Live Etc membuat penonton mulai terkonsentrasi di satu titik. Rich Chigga memang merupakan salah satu artis yang paling di tunggu di panggung DWP hari kedua itu. Dan benar saja, penampilan pria bernama asli Brian Immanuel ini langsung menghentak panggung dengan lagu "Back At It".

Rapper asal Indonesia itu memang telah melangalang buana ke berbagai festival musik di dunia. Tak heran, banyak mata menanti kepulangannya. Namanya pun selalu diteriakan oleh para penonton yang hadir malam itu.

Kemeriahan itu pula yang membuat lantai dansa semakin bergeliat. Semua bergoyang di bawah dentuman musik kencang yang memenuhi ruangan malam itu. “Indonesia aku sayang kalian. Aku rindu kalian,” teriak Chigga dari atas panggung.

Belum selesai kegirangan penonton menyaksikan penampilan Chigga, Live Etc segera menampilkan satu lagi jagoannya, Desiigner. Sama seperti Chigga, Desiigner pun mengghentak penonton mulai dari lagu pertama.

“Mari kita ramaikan pesta ini. Semua melompat,” teriaknya di atas panggung Live Etc.

Ajakan rapper asal Amerika Serikat itu langsung diamini oleh para penonton. Lantai dansa pun serasa bergetar akibat kemeriahan itu. Bahkan, Desiigner sampai terjun ke penonton untuk bisa berdansa bersama di bawah. Semua pun hanyut dalam nada-nada rap yang dibawakan.
Penampilan atraktif Desiigner tak henti hanya sampai di situ, dia bahkan mengajak salah satu penonton dari bawah untuk begoyang bersamanya di atas panggung. Suasana yang telah memasuki dini hari itu semakin terasa panas. Puncaknya adalah ketika Desiigner membawakan lagu hits-nya, "Panda". Semua bergoyang. Semua berdansa.

Panggung Live Etc memang bukan satu-satunya yang menawarkah kemeriahan. Di panggung Elrow, nuansa psikedelik yang penuh warna juga menghanyutkan penonton untuk terus bergoyang. Saat itu, Chelina Manuhutu sedang tampil di atas panggung yang didesain menyerupai mobil klasik VW Combi. Semntara di arena, luapan kertas berwarna-warni jatuh menemani penonton bergoyang.

Tak hanya itu keabsurdan yang ditawarkan panggung Elrow, berbagai properti semacam boneka ikan hiu, gurita, orang tinggi, hingga ondel-ondel, masuk ke dalam arena ikut bergoyang bersama penonton.
Panggung Elrow memang merupakan special stage yang disiapkan panitia pada DWP 2017. Panggung yang dihadirkan dari touring concept asal Barcelona bernama ini memiliki konsep khasnya, Psychedelic Trip’ lengkap dengan dekorasi dan tata produksi spektakuler. Kehadiran Elrow di DWP 2017 menjadi kali yang pertama Elrow di benua Asia.

DWP 2017 yang digelar pada 15-16 Desember di Jiexpo Kemaroyan, Jakarta, memang banyak menawarkan hal baru bagi para pecintanya. Tahun ini, DWP untuk pertama kalinya juga menampilkan genre hip-hop dengan kehadiran rapper Desiigner dan rapper-rapper Asia dari kolektif 88rising yaitu Rich Chigga, Higher Brothers, Keith Ape, dan Joji.

Meski begitu, antusiasme penonton tak berkurang sedikitpun. Bahkan, salah satu penonton yang datang malam itu, Arini, justru lebih penasaran dengan kehadiran para rapper yang memanaskan suasana DWP 2017. Ia mengatakan, dengan adanya genre hip-hop DWP 2017 menjadi lebih variatif dan memiliki banyak pilihan.

Line upnya lucu-lucu dan keren keren. Gue mau liat Rich Chigga. Itu salah satu yang bikin penasaran. Karena kan dia booming banget di luar, jadi pas dateng ke DWP, ya harus nonton,” kata perempuan berusia 25 tahun itu.

Sementara itu, bagi Murni, meskipun kehadiran para rapper mendominasi pada hari kedua DWP, ia tatap manantikan satu orang yang tak asing agi di dunia DJ, Hardwell. Penantian Murni memang bukan tanpa sebab. Pasalnya, Hardwell merupakan satu di antara empat DJ terbaik di dunia.

“Tahun ini lebih banyak variasinya memang, tapi aku tetap menantikan Hardwell,” ungkapnya.

Atraksi Aoki dan Batik Hardwell
Tak bisa dipungkiri jika puncak kenikmatan DWP 2017 baru terjadi pada pukul 01.05 Minggu dini hari. Pasalnya, waktu itu menandakan penampilan Steve Aoki dimulai. Benar saja, Aoki langsung menghentakan panggung Garuda Land sejak lagu pertamanya.

“Jakarta, apakah kamu merasa baik hari ini? Aku sangat senang berada di sini,” katanya kepada para penonton.

Tak banyak basa basi, Aoki pun memainkan peralatannya dan membuat penonton sekejap begoyang. Dentuman suara elektronik membuat semua tak sadar. Selain membawa semua hitsnya, salah satu yang dibawakan malam itu adalah "Smell Like Teens Spirit" milik Nirvana yang telah diremix.

Apalagi, Lalu ia pun mengajak Desiigner ke atas panggung dan bernyanyi bersamanya. Panggung pun semakin gemuruh dibuat mereka berdua, dengan atraksi Desiigner yang tak hentinya berlalri ke sana ke mari.

Malam itu, Aoki juga tak lupa melakukan ritual melempar kue yang selalu dilakukan ketika lagu "Cake Face" dimainkan. Sebanyak 10 kue dilemparkan ke arah penonton dan suasana arena semakin meriah dengan teriakan.

Sayang, penampilan Aoki yang penuh aura harus berakhir dengan lagu penutupnya,

Kemeriahan semakin terasa ketika pada pukul 02.35, Hardwell naik ke atas panggung Garuda Land. “C’mon Jakarta. Make some noise,” katanya di atas panggung dan diikuti teriakan penonton yang masih haus untuk bergoyang. Lagu "Crazy Frog" pun langsung terdengar dan membuat penonton bergoyang seketika.

Meski tak banyak atraksi di atas panggung, penampilan Hardwell, yang malam itu mengenakan batik, sebagai penutup DWP 2017 membuat suasana pecah. Hampir dua jam Hardwell membuat penonton tak lelah berteriak dan bergoyang bersama. Tanah pun bergetar akibat hentakan dan loncatan ribuan penonton yang memadati panggung.

Namun, pesta musik elektronik itu akhirnya harus disudahi juga. Malam itu, penampilan Hardwell yang sekaligus menjadi penutup DWP 2017 ditutup dengan kembang api yang membuat panggung Garuda Land semakin berwarna.

No comments:

Post a Comment